Marc Marquez Bisa Absen 3 Bulan Usai Crash di MotoGP Spanyol

Marc Marquez mengalami crash yang cukup fatal di MotoGP Spanyol. Rider Spanyol itu mengalami cedera pada lengan kanannya dan terancam absen 3 bulan.

Marquez mengalami crash di Turn 4 Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020) pada seri perdana MotoGP 2020. Sang juara bertahan MotoGP itu gagal finis saat perlombaan menyisakan 4 lap lagi.

Akibat crash tersebut, Marquez langsung dilarikan ke rumah sakit. Setelah dicek, pebalap 27 tahun itu mengalami retak pada bagian tulang humerus atau bagian atas lengan kanannya.

Imbasnya, Marquez harus menjalani operasi untuk mengobati cederanya. Cederanya itu juga dikhawatirkan merembet ke bagian lain sehingga harus diteliti lebih jauh.

“Saat operasi, dia akan menjalani paku batang intramedullary karena dia tidak memiliki pergeseran,” kata Dr Jose Gonzalez, dokter spesialis olahraga, kepada AS.

“Dalam terapi pengobatan yang sama, mereka harus mengecek apakah saraf radial juga terpengaruh. Jika terpengaruh, terapi pengobatannya akan jauh lebih rumit,” lanjut Gonzalez.

Marc Marquez langsung dibawa ke Barcelona untuk menjalani pemulihan. Juara dunia 8 kali itu terancam absen lama, yakni sekitar satu sampai tiga bulan. Tim dokter MotoGP sendiri belum bisa memastikan kapan The Baby Alien bisa membalap lagi.

“Itu akan cukup lama. Cedera ini tidak seperti klavikula (tulang bahu) yang patah di mana sekrup cuma dipasang dan dalam beberapa hari pebalap membaik. Dalam hal ini, itu akan memakan waktu satu setengah bulan sampai dua bulan, bahkan jika berbicara tentang pebalap profesional, itu bisa memakan waktu hingga tiga bulan,” jelasnya.

Dengan demikian, Marc Marquez terancam melewatkan banyak perlombaan akibat cederanya. Selanjutnya, seri balapan MotoGP masih digelar di Jerez, namun bertajuk MotoGP Andalusia, pekan depan.

Balapan MotoGP Spanyol sendiri dimenangkan Fabio Quartararo, rider Petronas Yamaha SRT. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dan Andrea Dovizioso (Ducati) mengekor di posisi kedua dan ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *